SASTRA ARAB - UNHAS


       Saatnya bagi mahasiswa UNHAS membantah seluruh argument masyarakat yang tak henti memojokan Universitas mereka. 12 mahasiswa yang terdiri dari 4 perempuan dan 8 laki-laki dari Himpunan Mahasiswa sastra Asia Barat (HIMAB) sabtu, 30 Mei 2011  telah berangkat menuju Universitas Indonesia di daerah Depok tepat pukul 23.00 Wita dengan pesawat lion air dari bandara hasanuddin untuk unjuk gigi dalam berbagai macam lomba yang berkenaan dengan Bahasa Arab dalam acara besar Festival Timur Tengah 2011. Kegiatan ini dilakukan untuk menjalin silaturahim dari seluruh universitas di indonesia, dan mengasah kemampuan Bahasa Arab mahasiswa jurusan sastra Arab melalui lomba-lomba yang diikuti. Serta untuk menepis semua komentar negatif masyarakat yang mengatakan “mahasiswa UNHAS bisanya Cuma demo dan tawuran’’ ungkap Sigit Walgito dan Muh. Arsyad Irawan selaku Official Lomba.
 
     Acara Festival Timur Tengah 2011 yang diselenggarakan pada tanggal 2-5 Mei 2011 di Universitas Indonesia ini diikuti kurang lebih 21 Universitas dari seluruh Indonesia diantaranya yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Negri Jakarta, UIN Malang, Universitas Padjajaran, IAIN Walisongo, Universitas Islam Jakarta, INKAFA,  Universitas Uin Syarif Hidayatullah, Universitas Sumatra Utara, Universitas Hasanuddin, dan sebagainya. Dalam acara tersebut terdiri berbagai macam perlombaan yang terdiri atas tiga kategori yaitu mahasiswa, siswa, dan umum. Dari masing-masing kategori terdapat beberapa jenis lomba. Untuk kategori mahasiswa jenis perlombaannya yaitu debat, pidato, puisi, essay dan presentasi. Kategori siswa jenis perlombaannya yaitu story telling, pidato, puisi, sedangkan untuk kategori umum jenis perlombaannya yaitu kaligrafi, marawis, dan menyanyi. “Festival ini dibentuk sebagai wadah untuk mengakrabkan diri antar mahasiswa dari seluruh Universitas, dan tentunya mengasah kemampuan Bahasa Arab melalui lomba-lomba yang diselenggarakan, serta merayakan milad Universitas Indonesia yang ke-50 tahun.”ungkap Widi Rahman Adiat selaku ketua panitia dari Festival Timur Tengah 2011.
            Khusus Universitas Hasanuddin mengikuti empat jenis perlombaan diantaranya yaitu pidato, puisi, menyanyi, essay dan presentasi. Dari 4 jenis lomba tersebut diikuti 2 mahasiswa dalam satu jenis lomba. Lomba pidato bahasa Arab diikuti oleh Ilham Ramadhan dan Isra Mirdayanti. Untuk lomba puisi diikuti oleh Risky Amalia dan Heppi Sirajuddin, untuk lomba essay presentasi diikuti oleh Zulya Hamida dan Muh. Akbar Kurniawan, sedangkan untuk lomba menyanyi diikuti oleh St. Fatimah. 
            Mahasiswa dari jurusan sastra Arab mampu membuktikan bahwa anak UNHAS bisa bersaing dengan Universitas lain dari seluruh Indonesia. Terbukti pada saat hari pengumuman juara dari setiap lomba kamis, 5 Mei 2011 di Auditorium 9 Universitas Indonesia, salah seorang wakil Mahasiswa sastra Arab UNHAS bernama Ilham Ramdhan menjadi juara 1 dalam lomba pidato bahasa Arab se-Indonesia. Kemenangan ini menjadi bukti bahwa Mahasiswa sastra Arab UNHAS mampu unjuk gigi dalam lomba nasional.

1 komentar:

Silahkan beri saran dan kritik. Terima kasih